Blog

Cara Menghitung Usia Kehamilan dengan Secara Manual dan Modern

March 18, 2019

Saat Anda sudah dinyatakan positif hamil, maka sudah saatnya Anda juga mengetahui berapa usia kehamilan Anda. Pasalnya dengan demikian Anda juga bisa mengetahui bagaimana kondisi janin dalam kandungan dan apa saja yang harus Anda lakukan selama masa perkembangannya. Berkut cara menghitung usia kehamilan secara manual dan modern.

Menghitung Usia Kehamilan Secara Manual

Pada umumnya cara menghitung usia kehamilan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu secara manual dan modern. Bahkan menurut medis sendiri usia kehamilan juga dapat dihitung degan minggu bukan hanya bulan saja yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya dengan menggunakan hitungan minggu maka perkiraannya janin lebih akurat.

Cara mengetahui usia kehamilan secara manual yang pertama adalah dengan menggunakan metode hitungan kalender. Hal yang perlu Anda perhatikan ketika menggunakan metode yang satu ini adalah mengetahui Hari Pertama Haid Terakhir HPHT. Itulah mengapa Anda selalu disarankan untuk mencatat hari pertama setiap bulannya untuk mengetahui usia kandungan.

Cara manual kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan kalkulator penghitung usia kehamilan. Cara yang satu ini terbilang lebih mudah dibandingkan dengan cara perhitungan kalender dan sangat cocok digunakan bagi Anda yang tak ingin ribet.

Cara menghitung usia kehamilan menggunakan metode yang satu ini terbilang cukup mudah. Pasalnya Anda hanya perlu memasukkan bulan, tanggal, HPHT, dan siklus haid rata-rata Anda. Dengan menggunakan metode yang satu ini Anda dapat dengan mudah mengetahui usia kehamilan selama trimester pertama, kedua, ketika, hingga HPL (Hari Perkiraan Lahir)

Cara mengetahui usia kehamilan secara manual yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan metode fundus uteri. Bagian fundus uteri akan semakin meninggi seiring dengan bertambahnya usia janin. Cara mengetahui usia kehamilan dengan metode yang satu ini adalah dengan mengukur bagian puncak fundus uteri mulai dari tulang kemaluan.

Menghitung Usia Kehamilan Secara Modern

Cara mengetahui usia kehamilan tak hanya bisa dilakukan secara manual saja namun juga dapat dilakukan secara modern. Jika beberapa cara mengetahui usia kehamilan secara manual di atas masih membuat Anda kesulitan, cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan secara modern dengan bantuan USG (Ultrasonography).

Metode yang satu ini terbilang modern, pasalnya secara medis cara mengetahui usia kehamilan dengan bantuan USG menggunakan alat canggih dan bahkan hasilkan lebih akurat hingga mencapai 95%.

Dengan melakukan pemeriksaan USG, bahkan segala hal dapat diketahui secara lebih akurat seperti berapa usia kehamilan Anda, kapan janin akan lahir, dan hal yang tak kalah penting adalah Anda bisa melihat gambar janin dalam bentuk gambar grafis 3D.

Itulah beberapa cara menghitung usia kehamilan secara manual dan modern yang dapat Anda manfaatkan untuk mengetahui usia kehamilan Anda sendiri. Dengan begitu maka Anda akan mengetahui apa saja yang harus dilakukan pada setiap fase perkembangannya agar janin dalam kandungan dapat tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.